Rabu, 05 November 2008

Bidang kerja & Posisi Humas Perusahaan

Artikel 1

Manager dan Humas bagi organisasi

Dalam pelaksanaan pekerjaannya seorang praktisi humas akan menggunakan konsep-konsep manajemen untuk mempermudah pelaksanaan tugas-tugasnya.Dalam manjemen hubungan masyarakat, manajemen dapat dirumuskan sebagai suatu proses dari sekelompok orang-orang yang secara koordinatif memimpin kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan-tujuan bersama. Dengan melihat proses peranan manajemen dan hubungan masyarakat (humas) dalam suatu organisasi, maka dapat dikatakan bahwa manajemen itu adalah upaya menyusun sasaran dan kerja sama melalui orang lain dan untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif dan agar pekerjaan terlaksana dengan baik. Fungsi dan tanggung jawab manajer humas dapat mengupayakan terjadinya hubungan yang lancar dan efektif antara semua bagian dalam perusahaan di satu sisi dan antara perusahaan itu dengan publik internal dan publik eksternal dimana dalam pelaksanaan tugasnya, seorang humas harus mempeljari setiap langkah dan sasaran perusahaan sejauh mana langkah dan sasaran itu akan mempengaruhi lingkungan serta pendapat umum terhadap langkah dan sasaran itu. penilaian yang khas yang ada pada manajer hubungan masyarakat antara lain mungkin perlu penataran baru, penyaringan baru untuk mendapatkan tenaga inti atau diperlukannya penambahan tenaga yang berkualitas. Kualitas pada manajer humas yaitu kemampuan menganalisis, menyajikan hasil evaluasi akurat tentang lingkungan, sikap dan pendapat publik, dimana peranan humas itu sendiri untuk menanamkan sense of belonging pada publiknya dalam upaya untuk memenangkan tujuan organisasi yang tentunya berlandaskan ketrampilan humas agar dapat menyentuh persepsi publik sasaran.

Tidak ada komentar: